Selasa, 29 November 2011

cara menggunakan xampp + joomla 1.7

kali ini saya akan kasi aplikasi untuk membuat situs yaitu XAMPP 1.7 aplikasi ini berfungsi buat editing Web...dengan bantuan joomla 1.7 dan juga MSC nah...bagi kalian yang duduk di bangku SMK jurusan TKJ atau RPL perlu banget untuk mempelajari ini....
berikut cara instalasi xampp dan juga cara menggunakanya,,,,,


Cara Instalasi Program Xampp 1.7.3 di Windows

Sebelum mengetahui Cara Instal Program Xampp berikut sedikit mengenai penjelasanya, XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), kepanjangan dari XAMPP yaitu Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin.

Berikut adalah cara Instalnya :
1. Pertama download dulu sotware xammp nya klik Download Xampp for Windows
    Note : xampp-win32 Versi 1.7.3 khusus untuk windows, bukan linux
2. Selanjutnya extract file tersebut, saya sarankan disimpan secara default agar tersimpan di berada di C:/ dan tunggu hingga mendidih, hehe
3. Jika proses extractnya, maka akan keluar command prompt yang muncul seperti gambar dibawah ini :
Xampp
  • Ketik tombol Y kemudian tekan ENTER, di keyboard untuk membuat shortcut di desktop
Xampp
  • Ketik tombol X kemudian tekan ENTER, maka proses instalasi selesai
4. Untuk menjalankan program silahkan klik Icon XAMPP Control Panel di dekstop anda, atau di Start-All Program-Xampp for Windows-Xampp Control Panel
5. Jalankan Apache dan MySql dengan menekan tombol start hingga kedua aplikasi tersebut berjalan.
Xampp
6.Jika Apache dan Mysql sudah Running maka Web server local siap dijalankan Untuk menjalankan ketik
   localhost di browser anda.
Xampp
Pilih bahasa sesuai keahlian anda kemudian selesai dan selamat mencoba 

berikut cara instalasi joomlanya..

Instalasi Joomla! dengan Xampp

Joomla! adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistemcaching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti "kebersamaan".

Sebelum membaca lebih lanjut, mengenai Cara Instal Joomla dengan Xampp ini, pastikan XAMPP telah terinstal di komputer (baca : Cara Instal Program Xampp), jika sudah berhasil, akan ditandai dengan munculnya folder XAMPP dan hotdocs di directory yang telah anda tentukan sebelumnya. Setelah menjalankan service Apache dan MySql dengan Xammp tadi , selanjutnya kita bisa menginstal Joomla. Berikut adalah langkah-langkah dan cara menginstal Joomla:

1. Yang belum punya file joomla bisa di download dengan klik ( Joomla_1.5.21-Stable-Full_Package)
2. Buat folder di C – Program Files – XAMPP – Hotdocs. Pada contoh kali ini, buat folder dengan nama : joomla. (boleh dirubah sesuai keinginan yang penting faham)
Instal_joomla
  • Exstract isi dari file joomla yang sudah di download
3. Buka browser, lalu ketik localhost Tekan phpMyAdmin untuk membuat sebuah data base seperti pada gambar di bawah ini :
Install_joomla
4. Nama database yang di gunakan sesuai dengan keinginan, namun contoh disini saya beri nama wordpress_db (contoh nama natabase yang digunakan) tulis di ruang seperti pada gambar di bawah Kemudian tekancreate.
Install_joomla
    5. Setelah dataabase jadi, langsung di close aja, kemudian buka browser lagi, dengan  ketik localhost/joomla (nama joomla, sesuai dengan nama folder yang telah kita exstract tadi). Kemudian tekan Enter. Secara otomatis akan membuka file index.php di folder joomla/instalation, kemudian klik next.
    6. Akan muncul gambar seperti di bawah ini :
    Instal_joomla
    • Pilih bahasa sesuai kemampuan, kalo merasa sulit pakai inggris ya yang lokal aja, hehe
    • Tekan tombol Next dan Next lagi, di pojok kanan atas hingga muncul gambar seperti di bawah ini
    Instal_joomla
      Isikan Data Formulir seperti di bawah ini
    • Database Type : mysql
    • Host Name : localhost
    • Username : root
    • Password : (kosongkan)
    • Database Name : wordpress_db (sesuai dengan langkah nomor 4) inget ya,...
    7. Klik next pada langkah berikutnya, sampai muncul tampilan sebagai berikut :
    Instal_joomla
    • Pada bagian ini, lakukan konfigurasi dengan mengisi kolom yang tersedia seperti nama website, email dan pasword serta klik install sample datauntuk konfigurasi awal website joomla!. dan password yang mudah diingat saja, karena setiap akan login ke bagian administrator, paeword tersebut akan ditanyakan. Misalkan masukkan sandi 12345. Setelah itu klik next
    8. Setelah itu akan muncul
    Instal_joomla
    • Pada langkah ini, Anda diminta untuk menghapus folder Instalation untuk bisa mengakses situs yang telah dibuat. Buka kembali windows explorer dan hapus folder Instalation di folder joomla (sesuai nama yang kita beri, langkah nomor 5).
    • Instal_joomla
    9. Nah, sampai disini sebenarnya pembuatan joomla! dengan xampp telah selesai, Untuk mengeceknya silakan ketik localhost/joomla/administratorpada bagian addres browser anda, masih inget kan, Nama joomla (sesuai nama yang kita beri, langkah nomor 5).
    Instal_joomla
    • Isikan username dengan admin dan isikan pada password sesuai yang pada langkah nomor 7, yaitu 12345. klik Login.
    10. Selamat, web joomla! anda telah jadi.


    untuk alpikasi nya saya akan kasi link downloadnya minngu deepan ok...tapi mudah-mudahan artikel di ats bermanfaat,,,jgn lupa comentnya ok...

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar